Cara Melawan Radikal Bebas Dengan Terapi Hidrogen Aktif

6 min read

Cara Melawan Radikal Bebas Dengan Terapi Hidrogen Aktif | Masalah kesehatan menjadi perbincangan yang hangat dewasa ini. 

Namun masalah ini tidak terlalu dipedulikan, kecuali setelah anda masuk rumah sakit dan melewati berbagai rangkaian perawatan intensif.

Saat ini, pengobatan menggunakan terapi hidrogen untuk mencegah berbagai penyakit terkait dengan ROS (reactive oxygen species) dan proses inflamasi lain telah telah menjadi salah satu studi populer dilingkungan kampus. ROS dikenal juga sebagai radikal bebas yang terkontaminasi dengan udara dan berbahaya bagi kesehatan.

Kalau sekarang, banyak orang yang berusaha menjaga agar tubuh mereka tetap sehat, wajah yang tampak segar dan terlihat lebih muda dengan berolahraga dan berbagai metode lain seperti operasi plastik namun sebenarnya ada alternatif lain yang harus diambil dan lebih berpotensi menyembuhkan. Tapi, apa penyebab utama dari ROS tersebut?

Dr. Darham Harman telah menerbitkan teori tentang hal ini pada tahun 1950. Teori ini pada dasarnya mengangkat tentang masalah radikal bebas yang telah dikonfirmasi lebih dari 300.000 artikel ilmiah. Penyebab utama dari ROS tak lain adalah radikal bebas.

Apa itu radikal bebas?

Cara Melawan Radikal Bebas

Sel manusia terdiri dari banyak molekul. Ketika molekul-molekul tersebut tidak stabil, sel berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat.

Setiap hari, ribuan sel dalam tubuh dan digantikan oleh sel lainnya. Hal ini yang menjadi penyebab kenapa saudara, ibu atau teman-teman anda tampak lebih muda daripada teman sebayanya.

Karena sel bereproduksi, ketika ada sel mati, sel tersebut akan diganti dengan sel hidup lain dan ini terjadi tiap saat. Sementara, radikal bebas adalah molekul yang sangat aktif dan terbang bebas di udara pada skala elektron dengan sifat pengganggu serta menaklukan molekul lain di udara.

Sejauh ini, ada tiga jenis radikal bebas yang dikenal oleh para ahli antara lain antioksidan primer, antioksidan sekunder serta antioksidan tersier.

Antioksidan primer adalah radikal bebas yang berguna bagi manusia sebab ini adalah molekul yang merupakan bagian dari enzim seperti superoksida, nitroxide, nitrous oxside dan ubiquinones.

Tiga enzim ini diproduksi dalam tubuh manusia yang membantu memulihkan tubuh saat sakit atau saat terkontaminasi dengan radikal bebas.

Sementara, disaat yang sama, radikal sekuder datang dengan hidroksil dan lipid yang siap menghancurkan sel. Antioksidan primer dan sekuder ini ibarat Tom dan Jerry dalam film Disney. Bertengkar terus dan tak pernah berdamai dan itu terjadi dalam tubuh tanpa disadari, tiap hari, tiap saat dan seterusnya.

Biasanya, tubuh akan berupaya dengan sekuat tenaga untuk melawan pengaruh negatif yang datang silih berganti namun jika terlalu banyak radikal bebas maka tubuh akan mengalami stress oksidatif yang merupakan keadaan dimana kerusakan sel terjadi dengan cepat akibat proses oksidasi.

Menjadi enzim berbahaya


Selama proses oksidasi ini, radikal bebas menjadi enzim berbahaya karena dapat menyebabkan bagian-bagian dalam sel seperti protein, membran sel dan DNA rusak.

Setiap hari, sel dan DNA menyalin diri mereka sebanyak miliaran kali termasuk tiap kesalahan dan itu terakumulasi tiap waktu. Dengan hancurnya sel, mutasi dan kematian sel secara umum akan mengganggu berfungsinya jaringan dan organ.

Ibaratnya, anda punya rumah tangga, nah rumah tangga anda itu diganggu pelakor padahal anda baru punya anak. Ekstrimnya lagi, radikal bebas memicu kerusakan DNA yang merupakan materi genetik manusia dan bisa menciptakan kondisi dan manifestasi catat lahir pada generasi berikutnya.

Stress oksidatif (proses kerusakan sel akibat oksidasi) yang disebabkan oleh radikal bebas ini menjadi penyebab utama beberapa penyakit seperti aterosklerosisi, parkinson, alzheimer, stroke, serangan jantung, diabetes, penyakit autoimun, arthritis dan berbagai banyak kanker lain dan berkontribusi penuh pada penuaan dini terhadap tubuh.

Jika gangguan dari radikal bebas ini sudah parah akibat tindakan agresif dari radikal bebas, secara berangsur-angsur dalam tubuh lalu akan berhenti memproduksi sel dan lamat-lamat organ dalam tubuh dan rusak karena dinding sel yang hancur.

Juga karena struktur internal jaringan yang telah kehilangan fungsi sebab suplai telah untuk menghilangkan racun, menghasilkan protein kulit primer seperti kolagen yang bertanggungjawab penuh terhadap elastisitas dan kerutan kulit menurun fungsinya.

Ini adalah tanda-tanda awal penuaan dan tanda awal atas penyakit yang lebih besar. Sebenarnya, tubuh manusia tidak tahu dengan pasti bagaimana bereaksi dengan cepat terhadap perubahan lingkungan eksternal yang tak terbatas itu. Pada intinya, potensi terkontaminasi radikal bebas sangat tinggi pada manusia.

Radikal bebas muncul dari proses internal aktivitas organisme dan juga faktor eksternal negatif lain. Yang paling mencengangkan adalah oksigen yang di hirup adalah sumber utama radikal bebas.

Ditambah lagi dengan lingkungan yang buruk, kegemaran makan makanan yang tidak berkhasiat dan makan berlebihan ditambah kebiasaan buruk lain seperti merokok, konsumsi alkohol sampai pada tekanan emosional dan fisik bisa meningkatkan risiko lima kali lipat terkena terkena radikal bebas. Dan ini akan mengganggu keseimbangan tubuh.

Cara melawan radikal bebas

Sudah banyak penelitian dilakukan untuk melawan berbagai macam radikal bebas. Penelitian ini didasarkan oleh kesadaran bahwa setiap saat tubuh manusia itu terpapar racun dan untuk menetralisirnya butuh waktu yang cukup lama.

Meski pada dasarnya, tubuh mempunyai sistem antioksidan internal tetapi dengan sebagian besar radikal bebas terpapar sudah sejak lahir.

Sumber antioksidan lain dapat diperoleh diperoleh lewat makanan dan air. Yang paling terkenal adalah asam askorbat (Vitamin C), Vitamin E dan B-Karoten.

Sementara, dalam jumlah basa, antioksidan dapat ditemukan pada buah-buahan segar, sayuran dan beberapa jenis makanan seperti kacang, cokelat dan teh hijau.

Meski begitu, sebagian besar antioksidan tersebut sangat sulit menembus sel-sel yang lebih kecil. Dan hanya ada satu antioksidan terbaik sejauh ini yang mampu meningkatkan asupan antioksidan dalam tubuh manusia. Antoksidan tersebut adalah hidrogen.

Dibandingkan dengan antioksidan lain seperti diatas, hidrogen memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan memungkinkan untuk menembus semua sel dan mitokondria tubuh serta merestorasi sel-sel yang ada. Hidrogen juga akan menetralisir radikal bebas, mengubahnya menjadi air dan menjenuhkan sel yang lembab dan jahat serta menghancurkannya.

Penelitian ilmiah


Beberapa penelitian ilmiah tentang melawan radikal bebas telah dilakukan oleh banyak akademisi salah satunya adalah Profesor Tyler LeBaron.

Ia merupakan pendiri dari Institute of Molecular Hydrogen dan juga ahli dibidang hidrogen molekuler.  Pada dasarnya, penelitian utama LeBaron adalah untuk mempelajari efek terapeutik hidrogen sejak tahun 2009 lalu.

Ia memperoleh penelitian tentang hidrogen dari Universitas Nagoya di Jepang yang membuatnya diakui oleh seluruh dunia sebagai salah seorang ahli terkemuka dibidang hidrogen molekuler.

Institute molekul hidrogen merupakan organisasi independen non profit yang bergerak pada studi khusus tentang hidrogen (H2) dan penyebaran informasi terkait hidrogen lewat pendirinya Prof Tyler LeBaron mengatakan bahwa pada dasarnya hidrogen mengandung gas dengan sifat terapeutik.

“Tingkat penyakit kardiovaskular, diabetes, obesitas dan gangguan neurologis sangat tinggi. Dalam studi biomedis, ditemukan bahwa gas hidrogen memiliki potensi teurepatik,” ujarnya.

“Sekarang banyak penelitian dilakukan pada tubuh manusia dan lebih dari 200 artikel ilmiah tentang manfaat hidrogen telah diterbitkan Beberapa diantaranya diterbitkan pada jurnal bergengsi seperti alam dan sains. Efek positif dari hidrogen telah dikonfirmasi pada 150 model penyakit manusia yang berbeda. Para ilmuwan senang mengetahui bahwa hidrogen secara positif bisa mengobati penyakit.”

Manfaat hidrogen aktif untuk kesehatan manusia


Sejak abad ke-21 para ilmuwan telah menemukan manfaat dari hidrogen untuk kesehatan manusia namun pada waktu itu bergantung pada rasio asam dan alkali yang terdapat pada tubuh yang disebabkan karena keseimbangan tubuh yang terganggu.

Hal ini, pada dasarnya menyebabkan masalah yang berbeda satu dengan yang lain, begitu juga dengan penyebab utama masalah tersebut namun sebagian besar disimpulkan karena radikal bebas.

Pada dasarnya, 75% dari tubuh manusia terdiri dari air. Semua cairan biologis dalam tubuh memiliki pH optimal. Sementara, tingkat keseimbangan asam-basa pada tubuh sifatnya variatif mulai dari 7 sampai 7,5.

Namun dengan pengecualian tidak termasuk asam yang terdapat pada lambung, air seni dan juga air liur. Rata-rata pH dalam darah seseorang berkisar antara 7,35 hingga 7,45 yang menunjukan tingkat kesehatan seseorang.

Jika kurang atau lebih dari itu maka rasio kesehatannya menurun. Yang menjadi penyebab utama dari kesehatan tubuh tersebut adalah malnutrusi dan konsumsi makanan asam yang menyebabkan pengasaman tubuh menjadi lebih cepat.

Ironisnya konsumsi makanan asam bukan saja terdapat pada makanan cepat saji yang biasa di konsumsi tetapi juga terdapat pada daging, telur, produk susu, roti, gula dan lain sebagainya.

Tingkat keasaman itu semakin diperparah dengan konsumsi tambahan seperti rokok, alkohol, obat-obatan terlarang atau obat-obatan lain, stress dan sebagainya sehingga tubuh tidak dapat mensintesiskan jumlah besar asam seperti dalam kasus diabetes.

Disamping itu, LeBaron juga mengatakan bahwa seseorang dapat menemukan semua jenis pengamanan dari bahan-bahan dengan tingkat keasaman yang tinggi tersebut.

Manfaat hidrogen aktif


Hal ini bukan saja dikatakan olehnya tetapi juga dengan berbagai penelitian yang telah diterbitkan dalam beberapa jurnal dan bibliografi dan itu adalah hidrogen. Menurut LeBaron, ada beberapa manfaat utama dari air hidrogen, antara lain :

  • Hidrogen dapat mengubah radikal bebas yang tercampur dalam oksigen menjadi air,
  • Hidrogen dapat menstimulasi peningkatan komposisi kesehatan dalam tubuh seperti glutathione dan enzim pelindung lainnya, dan
  • Hidrogen memiliki manfaat lebih banyak seperti sebagai sistem sinyal bagi setiap sel, metabolisme sel dan manifestasi gen, memberikan efek inflamasi, anti-allergenic dan anti-lemak.


Ini berarti, hidrogen adalah tabib alami yang sudah disiapkan oleh alam bagi tubuh. Dan bisa didapatkan melalui berbagai efek terapi sehat, restoratif dan terapeutik hidrogen.

Sementara, penelitian tentang manfaat air hidrogen ini terus berlangsung hingga sekarang untuk menemukan sifat baru dengan manfaat lebih jauh banyak untuk kesehatan. Sejauh ini, ada sejumlah cara untuk memperoleh manfaat dari terapi hidrogen antara lain :

  • Menghirup gas hidrogen
  • Suntikan solusi fisiologis jenuh dengan hidrogen
  • Penggunaan larutan hidrogen fisiologis yang berangsur-angsur ke dalam mata
  • Mandi dengan air hidrogen
  • Mengkonsumsi tablet hidrogen khusus, dan
  • Mengkonsumsi air yang diperkaya dengan hidrogen.


Namun, ada banyak pertanyaan yang muncul seperti teknik mana yang lebih baik dan paling nyaman digunakan? Jawabannya adalah penggunaan air yang diperkaya dengan hidrogen seperti pada poin nomor 6 diatas.

Metode ini juga menjadi salah satu metode paling populer dan sederhana serta menjadi metode paling populer dari penggunaan air hidrogen.

Air hidrogen memiliki kandungan yang tidak ternilai dan menyediakan seluruh varian organisme dengan energi serta vitalitas tambahan lain.

Tahun 2007 lalu, setelah melakukan banyak penelitian terbukti bahwa hidrogen memiliki fungsi terapeuting. Ketika hidrogen bereaksi terhadap oksigen untuk mendapatkan uap H2O yang positif dapat menyehatkan manusia.

Hidrogen adalah salah satu senyawa awal yang terdapat di planet ini. Beberapa penelitian biomedis juga mengungkap bahwa hidrogen memiliki manfaat yang sangat banyak manusia terlebih mereka yang mengalami masalah kesehatan akut.

Molekul terkecil di Alam Semesta

Gas hidrogen atau molekul hidrogen diatomik dengan rumus kimia H2 adalah molekul terkecil yang terdapat di alam semesta dan berbeda dengan oksigen.

Hidrogen ini memiliki bioavailabilitas seluler yang tinggi, lebih tinggi daripada suplemen atau obat yang anda konsumsi setiap hari.

Molekul hidrogen dapat dengan cepat menembus ke semua sel tubuh manusia dan mitokandria serta dengan mudah melewati darah dan otak.

Hidrogen tidak berhubungan dengan elemen lain dan menjadi salah satu elemen bebas yang mandiri. Dalam air, misalnya, hidrogen terhubung ke oksigen (H2O) tetapi disisi lain terdapat juga gas hidrogen H2 dimana hidrogen saling terhubung satu dengan lain sehingga dapat dengan mudah larut dalam air.

Hingga kini, banyak dari masyarakat mengalami tingkat penyakit kardiovaskular, diabetes, obesitas dan gangguan neurologis lain seperti autisme, depresi, penyakit parkinson, alzheimer dan lain sebagainya.

Dan banyak generasi yang terancam terpapar penyakit tersebut karena pola hidup generasi sebelumnya. Oleh karena itu, kebutuhan akan penanganan yang sempurna dan nyaman sangat dibutuhkan.

Revolusi pengobatan medis

Beberapa studi bahkan mengatakan bahwa pemanfaatan hidrogen molekular dapat menjadi revolusi pengobatan medis yang modern dan jauh lebih baik.

Studi itu sendiri menemukan bahwa hidrogen memiliki efek menguntungkan jika dilakukan dengan tiga metode utama yakni langsung mengubah radikal hidroksil dalam tubuh menjadi air, meningkatkan tingkat antioksitan dalam tubuh dan memberi efek menguntungkan pada sistem sinyal sel, metabolisme sel dan manifestasi gen serta memberikan anti-inflamasi, anti lemak dan juga anti penuaan.

Selain itu, molekul hidrogen bukan zat asing dan sifat pengobatan berbeda dengan yang dilakukan obat. Penggunaan air minum yang diperkaya dengan hidrogen adalah cara paling ampuh dan sederhana untuk membawa hidrogen ke dalam sel atau organ tubuh manusia.

Penelitian tentang ini juga telah diperkenalkan di beberapa negara seperti Jepang, Meksiko, Prancis, India dan Indonesia sebagian besar menunjukan bahwa air hidrogen bersifat kuratif karena sifat mereka sebagai obat.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa alat yang dapat memproduksi Hidrogen aktif dan banyak tersedia di pasaran saat ini. Silahkan cari dan sesuaikan dengan kebutuhan anda. 

Demikian artikel tenang terapi hidrogen aktif yang dapat menyembuhkan ratusan penyakit. Semoga bermanfaat ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *