6+ Cara Menjaga Kesehatan Lidah Dengan Mudah dan Berhasil

2 min read

Menjaga kesehatan lidah sama pentingnya dengan menjaga kesehatan gigi, mata dan juga bagian-bagian tubuh lain.

Karena, pada dasarnya, lidah yang sehat jadi representasi sehatnya bagian-bagian mulut lainnya seperti yang sudah disebutkan diatas.

Dengan demikian, jangan terkonsentrasi untuk menjaga satu bagian tubuh agar sehat, mata misalnya, karena semua bagian tubuh tersebut penting untuk dijaga.

Dan di artikel kali ini akan dibahas beberapa tips yang bisa anda coba atau lakukan agar lidah anda sehat.

6+ Cara Menjaga Kesehatan Lidah Dengan Mudah dan Berhasil

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 6+ cara menjaga kesehatan lidah dengan mudah dan berhasil.

1. Sikat lidah

Bukan hanya gigi yang perlu disikat, lidah juga ya. Mengapa lidah perlu disikat? Karena lidah adalah salah satu tempat berkumpulnya banyak bakteri jahat.

Dalam beberapa kasus, apabila lidah tidak dijaga dengan baik masalah seperti bau mulut, nirselera, mulut pahit hingga perubahan warna lidah akan muncul.

Nah untuk menghindari masalah-masalah diatas, salah satu upaya yang harus dilakukan oleh anda adalah dengan menyikat lidah.

Cara Menjaga Kesehatan Lidah

Idealnya anda menyikat lidah dua kali sehari. Untuk hasil yang lebih baik, bisa dilakukan usai makan.

Ada banyak kok sikat gigi yang memberikan manfaat ekstra karena selain memiliki sikat gigi juga terdapat sikat lidah yang biasanya terletak dibagian atas.

Kalau perlu, anda bisa gunakan pengikis lidah. Pengikis ini bertujuan untuk menghilangkan residu yang ada di permukaan lidah.

Selain itu, dengan pengikis lidah anda bisa menjangkau bagian-bagian lidah yang sulit dijangkau dengan sikat gigi biasa.

Setelah menyikat lidah [termasuk menyikat gigi] jangan lupa gunakan obat kumur untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang masih menempel pada lidah.

2. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi

Lidah merupakan otot seperti juga otot-otot lain. Jadi, jika anda ingin membuat otot anda lebih kencang, metode yang sama bisa digunakan pada lidah meski tidak secara spesifik.

Salah satu upaya untuk menjaga otot lidah adalah dengan diet sehat. Ini bertujuan untuk menjaga lidah tetap kuat.

Untuk diet macam ini disarankan agar mencoba makanan-makanan dengan sifat anti-mirkoba seperti bawang putih, jahe dan kelapa.

Tujuannya untuk membantu lidah agar bisa bertahan melawan bakteri berbahaya. Untuk diet tambahan, bisa konsumsi makanan yang kaya zat besi seperti bayam, daging merah, makanan laut atau unggas.

3. Rajin minum air putih

Tahukah anda bahwa dehidrasi punya dampak terhadap kesehatan lidah? Saya yakin anda belum tahu fakta satu ini.

Intinya begini, jika anda tidak cukup minum air putih, tubuh anda akan berhenti memproduksi air liur.

Air liur adalah cara alami tubuh anda untuk menghilangkan bakteri dari mulut yang dapat menyebabkan gigi rusak, bau mulut dan masalah lain.

Karena itu, agar lidah tetap bugar, cobalah minum sekitar dua liter air per hari agar produksi air liur tetap terjaga.

4. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, termasuk lidah. Artinya, rokok punya dampak yang serius bagi seluruh area tubuh.

Oleh karena itu, jika anda masih merokok atau minum minuman beralkohol, usahakan untuk berhenti.

Ada beberapa alasan mengapa rokok dan minuman beralkohol berbahaya bagi lidah, diantaranya:

  • Perokok lebih cenderung terkena kanker mulut. Kanker mulut sering bermanifestasi jadi kanker lidah yang membuat seseorang sulit untuk berbicara
  • Merokok membuat anda sulit menikmati makanan favorit anda. Sudah banyak penelitian soal ini dimana produk tembakau secara perlahanan tapi permanen akan mengubah bentuk lidah [membuatnya lebih rata] serta membuatnya tidak dapat menikmati varian untuk makanan tertentu.

Dengan demikian, akan membuat anda lebih sulit untuk mencicipi makanan dan minuman pahit seperti kopi.

5. Jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin

Makan adalah salah satu cara manusia untuk tetap hidup. Makanan menjadi sumber energi dan sumber kehidupan dan tanpa makanan manusia tidak akan hidup.

Dewasa ini, sudah banyak produk makanan. Namun terkadang, karena anda terburu-buru berangkat kerja atau sekolah, anda lantas mengkonsumsi makanan meskipun itu masih panas.

Hal ini bisa membuat lidah melepuh. Biasanya, lidah akan terasa tebal dan daya kecap untuk makanan tertentu akan berkurang.

Nah untuk menghindari hal itu, ada baiknya anda menghindari makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Karena selain membuat gigi bermasalah, juga berdampak pada lidah karena bisa melepuh, beku dan bengkak.

6. Berkonsultasi ke dokter

Yang terakhir adalah berkonsultasi ke dokter terdekat secara berkala dan teratur agar anda bisa mendapatkan saran klinis yang tepat.

Menurut American Dental Association (ADA), untuk masalah ini ada baiknya anda mengunjungi dokter gigi setidaknya enam bulan sekali atau kurang.

Ini bertujuan agar anda mendapatkan pemeriksaan berkala untuk kesehatan mulut anda [seperti kanker lidah] sekaligus untuk mendapatkan perawatan yang professional dan menyeluruh.

Nah demikian artikel tentang 6 Cara Menjaga Kesehatan Lidah Dengan Mudah dan Berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *