5+ Cara Menjaga Kesehatan Bibir Dengan Mudah dan Berhasil

2 min read

Menjaga kesehatan bibir sama pentingnya seperti menjaga kesehatan mata, gigi dan juga lidah. 

Mengapa bibir perlu dijaga kesehatannya? Karena bibir adalah bagian penting dari wajah yang bisa mengindikasikan tingkat kesehatan seseorang.

Bagi wanita, menjaga kesehatan bibir tentu sangat penting. Selain untuk membuat bibir terlihat lebih kencang, juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi seorang pria.

Namun banyak dari kita yang tidak memperhatikan kesehatan bibirnya sendiri meski sebenarnya itu penting.

Padahal, bibir hanya terdiri dari lapisan tipis kulit yang sangat rentan terkena penyakit, radikal bebas dan juga masalah lain.

Bahkan, dalam keadaan tertentu, dingin atau panas misalnya, akan membuat bibir pecah-pecah sehingga membuat anda merasa tidak nyaman.

5+ Cara Menjaga Kesehatan Bibir Dengan Mudah dan Berhasil

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 5 cara menjaga kesehatan bibir dengan mudah dan berhasil.

Apa saja caranya? Pasti penasaran, kan? Ini daftarnya untuk anda.

1. Jangan menjilati bibir saat kering

Saat bibir kering, sangat wajar bila seseorang itu menjilatinya. Hal ini bertujuan untuk membuat bibir tetap lembab dan tidak kering.

Tapi ternyata menjilati bibir saat kering memiliki efek sebaliknya. Dimana, begitu air liur menyentuh bibir maka seketika ia akan mengering yang justru membuat bibir anda semakin kering.

Ditambah lagi, dalam air liur terdapat enzim yang berfungsi hanya untukmencerna makanan sehingga saat enzim tersebut menyentuh bibir akan membuat bibir iritasi.

2. Gunakan lip balm berbasis salep

Penggunaan lip balm yang berbasis salep bisa membantu menjaga bibir anda tetap lembab sehingga anda tidak perlu menjilati bibir anda saat kering.

Lip balm macam ini bisa membantu mengunci kelembapan dan membantu menyembuhkan kulit retak dan pecah-pecah.

Coba cari salep yang memiliki manfaat penyembuhan seperti salep yang mengandung petrolatum, minyak atsiri atau gliserin. Bahan penting lainnya adalah tabir surya.

Penting juga untuk diketahui disini agar menghindari lip balm yang mengandung kapur barus, minyak kayu putih atau mentol. Zat ini bisa membuat bibir anda semakin kering dan justru memperburuk masalah.

Sebagai tanggapan, anda boleh menggunakan lebih banyak lip balm yang sesuai dengan kondisi bibir anda tapi perhatikan manfaat dari penggunaannya, apakah itu cocok atau tidak.

3. Hindari menyikat atau menggosok bibir anda saat kering atau mengelupas

Saat bibir kering, kulit pada bibir akan terlihat mengelupas dan bersisik. Tetapi kebanyakan dari kita, disengaja atau tidak, kita menarik bagian tersebut dengan tujuan untuk menghilangkan kulit yang terlihat mengelupas.

Alangkah baiknya anda tidak melakukan hal ini. Sebab, mengambil kulit yang terkelupas dengan gigi atau jari anda hanya akan menciptakan celah dan luka di bibir.

Sebaiknya, oleskan balsem berbasis salep seperti yang disebutkan diatas untuk membantu menyembuhkan bibir dan menjaganya tetap lembab.

4. Oleskan Lip Balm sebelum tidur

Banyak orang tidur dengan mulut terbuka. Misalnya jika anda tidur delapan jam sehari, yang berarti selama waktu tersebut ada tarikan nafas yang keluar melalui mulut yang bisa membuat bibir anda kering.

Cara Menjaga Kesehatan Bibir Dengan Mudah dan Berhasil

Nah untuk menghindari hal itu, anda bisa mengolekskan lip balm sebelum tidur. Jika tidak, anda bisa menggunakan pelembab udara di malam hari jika udara di rumah anda terasa panas atau kering.

5. Jangan makanan makanan terlalu panas

Makanan atau minuman yang terlalu panas bisa membuat bibir iritasi. Hal ini dikarenakan lapisan pada bibir yang begitu tipis.

Untuk menghindari hal itu, sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang masih panas.

Sebab bibir adalah bagian tubuh yang paling pertama menyentuh makanan tersebut sebelum akhirnya dimasukan ke dalam mulut.

Anda juga menggunakan bibir untuk mendeteksi apakah makanan masih panas atau tidak. Hal ini cukup penting untuk menjaga bibir anda tetap sehat.

Nah demikian artikel tentang Cara Menjaga Kesehatan Bibir Yang Terbukti Berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *