Selesai Menggelar MPAB PMKRI Tondano, Ini Pesan Talubun dan Muda Untuk Calon Anggota

1 min read

Tondano – Sejak Jumat-Sabtu (30-31/10/2020) lalu, PMKRI Tondano telah selesai menggelar jenjang pendidikan formal MPAB tahun 2020 via Zoom Meeting.

Kegiatan MPAB PMKRI Tondano tahun 2020 itu mengangkat tema Terpanggil Untuk Terlibat dan Berpihak Pada Kaum Tertindas.

Ketua DPC PMKRI Tondano Anthoni Talubun dan salah satu Dewan Pembina PMKRI Tondano Desyemca Florenda Indra Muda pun menyampaikan beberapa pesan untuk peserta atau calon anggota PMKRI Tondano.

“Mari kita maknai bersama mewujudkan PMKRI Tondano yang berpihak dan terlibat pada kaum yang tertindas yang mana semua itu kita buat untuk gereja dan tanah air,” ujar Talubun saat pelaksanaan MPAB hari pertama, Jumat (30/10/2020) langsung dari Margasiswa PMKRI Tondano, Minahasa, Sulut.

Talubun mengatakan bahwa MPAB itu bukan menjadi awal peserta atau calon anggota untuk berproses atau menjadi akhir pertemuan, baik yang mengikuti jenjang pendidikan daring itu di dalam maupun luar Sulut.

“Jika Covid-19 sudah tidak melanda daerah kita lagi, maka teman-teman berkumpul di tempat (Margasiswa PMKRI) ini, sama-sama belajar, berproses dan berjuang,” katanya.

Mahasiswa jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Fmipa) Unima ini berharap, calon anggota PMKRI Tondano tidak berpuas diri untuk tetap berproses dan belajar dalam PMKRI.

“Kalau kita serius, senior-senior selalu bilang roh PMKRI selalu berjalan atau berada dalam diri kita. Tetap semangat, jangan berhenti untuk diskusi, menceritakan pengalaman, bertukar pikiran satu dengan yang lain,” pungkasnya.

Sedangkan Muda memberikan apresiasi untuk peserta yang mengambil keputusan bergabung dan mengenal PMKRI, walaupun di tengah pandemi Covid-19.

Muda mengatakan bahwa MPAB merupakan langkah awal dari berbagai langkah yang ditempuh ke depan dalam jenjang pendidikan PMKRI.

“Jadi saya berharap kepada kawan-kawan tidak hanya meluangkan waktunya atau memberikan dirinya saat MPAB, tetapi saat pendampingan dan juga di tahap-tahap pendidikan berikutnya,” ungkapnya.

Ia pun menyatakan, dengan memberikan diri dalam berbagai jenjang pendidikan PMKRI, para peserta dapat menjadi 100 persen mahasiswa, 100 persen Katolik dan 100 persen Indonesia.

Untuk diketahui, pelaksanaan MPAB PMKRI Tondano dilakukan secara daring via Zoom Meeting selama dua hari dan total peserta yang mengikuti MPAB ini berjumlah 31 orang.

Selain itu, ada sejumlah materi yang diberikan di antaranya Need Assesment, Who Am I?,pengenalan Ekskursi Sosial, sejarah Gerakan Mahasiswa di Indonesia dan sejarah PMKRI Nasional dan cabang, serta pengenalan Visi dan Misi PMKRI Nasional maupun cabang.

Ada juga materi Spiritualitas PMKRI yaitu 3 Benang Merah, semboyan dan atribut PMKRI, pengenalan struktur keorganisasian PMKRI, peran jurnalistik dalam pergerakan PMKRI, dan perencanaan bisnis di Era 4.0. (***)

Sumber: https://detikmanado.com/selesai-menggelar-mpab-pmkri-tondano-ini-pesan-talubun-dan-muda-untuk-calon-anggota/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *